Kamis, 08 Desember 2022

Tentang Live Streaming

Rusli Anwar Notes 

Catatan Rusli Tentang Live Streaming Berdasarkan Wikipedia


Livestreaming adalah media streaming yang direkam secara bersamaan dan disiarkan secara real-time melalui internet . Hal ini sering disebut hanya sebagai streaming . Media non-live seperti video-on-demand , vlogs , dan video YouTube secara teknis dialirkan, tetapi tidak dialirkan langsung.

Layanan streaming langsung mencakup beragam topik, mulai dari media sosial hingga video game hingga olahraga profesional . Platform seperti Facebook Live , Periscope , Kuaishou , Douyu , bilibili dan 17 menyertakan streaming promosi terjadwal dan acara selebritas serta streaming antar pengguna, seperti dalam videotelephony . Situs-situs seperti Twitch telah menjadi outlet populer untuk menonton orang bermain video game, seperti di esports , game bergaya Let's Play , atau speedrunning. Liputan langsung acara olahraga adalah aplikasi umum.

Interaksi pengguna melalui ruang obrolan membentuk komponen utama streaming langsung. Platform sering menyertakan kemampuan untuk berbicara dengan penyiar atau berpartisipasi dalam percakapan dalam obrolan. Banyak ruang obrolan juga berisi emote atau emoji yang merupakan cara lain untuk berkomunikasi dengan streaming langsung.

Media sosial [ sunting ]

Di bidang media sosial , istilah "media langsung" mengacu pada media baru yang menggunakan teknologi media streaming untuk membuat jaringan multimedia langsung yang dibagikan di antara orang, perusahaan, dan organisasi. Pemasar media sosial, Bryan Kramer, menggambarkan streaming langsung sebagai "alat pemasaran dan komunikasi utama yang murah yang membantu merek menjangkau audiens online mereka". Pengguna dapat mengikuti "berbagi" video langsung teman mereka serta "berbagi" yang terkait dengan konten atau item tertentu. Media langsung dapat dibagikan melalui situs web atau aplikasi Internet apa pun; jadi, saat orang menelusuri situs web tertentu, mereka mungkin menemukan aliran media langsung yang relevan dengan konten yang mereka cari. [1]

Media langsung dapat menyertakan liputan berbagai acara seperti konser atau liputan berita langsung yang dilihat menggunakan browser web atau aplikasi seperti Snapchat . James Harden dan Trolli mempromosikan NBA All-Star Game yang akan datang melalui Snapchat. Banyak seni pertunjukan LaBeouf, Rönkkö & Turner disiarkan langsung, seperti aliran Shia LaBeouf di teater yang menonton semua filmnya. [2]

Namun, perdagangan streaming langsung saat ini memungkinkan penjual menjual produk melalui streamer untuk memperkenalkan dan mengilustrasikan efek (seperti penjualan di toko fisik) untuk memotivasi pembeli membeli produk. [3] Merritt dan Zhao menyebutkan bahwa 'ritel berbasis streaming langsung' Tiongkok telah mendukung pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan memproyeksikan sekitar GBP 98 miliar dihasilkan dari streaming langsung e-niaga di Tiongkok. [3] Laporan McKinsey juga menunjukkan bahwa perdagangan streaming langsung berkembang di Tiongkok, penjualan dari perdagangan streaming langsung diperkirakan akan mencapai $423 miliar pada tahun 2022, dan industri streaming langsung AS juga diperkirakan akan mencapai $25 miliar pada tahun 2023. [3] ]

Facebook Watch [ sunting ]

Facebook memperkenalkan layanan streaming video, Facebook Watch untuk memilih individu pada Agustus 2016, dan untuk publik pada Januari 2017. [4] [5] Facebook Watch adalah layanan video-on-demand yang memungkinkan pengguna berbagi konten secara langsung. Ini memungkinkan orang untuk mengunggah video yang mencakup beragam topik termasuk komedi orisinal, drama, dan program berita. Facebook Live memungkinkan pengguna Facebook untuk memasukkan "reaksi" mereka sendiri saat seseorang menyiarkan. Salah satu alasan Facebook Watch begitu sukses adalah karena konten direkomendasikan kepada pengguna berdasarkan algoritme yang menentukan apa yang paling ingin ditonton pengguna. [6]

YouTube Langsung [ sunting ]

YouTube dibeli oleh Google pada tahun 2006, dan pasangan tersebut kemudian mengumumkan aplikasi live streaming mereka. Seperti Periscope, pengguna dapat mengomentari siaran tersebut. Tidak seperti Periscope, streaming langsung di YouTube dapat disimpan dan semua pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi. [7] Kepala produk YouTube untuk konsumen Manuel Bronstein menyatakan bahwa streaming langsung memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk "benar-benar menciptakan hubungan yang lebih intim dengan penggemarnya". [7]

Mengalirkan kehidupan [ sunting ]

Salah satu pendiri Twitch , Justin Kan , mengenakan pengaturan lifecasting

Lifestreaming , atau lifecasting, melibatkan penyiaran berkelanjutan dari peristiwa sehari-hari dalam kehidupan seseorang. Justin Kan mendirikan Justin.tv sebagai situs web untuk lifecasting berkelanjutannya sendiri, [8] [9] dan dikreditkan dengan mempopulerkan gaya tersebut. [10]

Berkedut [ sunting ]

Twitch adalah platform video streaming langsung yang dimiliki oleh Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon . [11] Diperkenalkan pada Juni 2011 sebagai spin-off dari platform streaming minat umum, Justin.tv , situs ini terutama berfokus pada streaming langsung video game , termasuk siaran kompetisi eSports , selain siaran musik [12] , konten kreatif , dan baru-baru ini, aliran " dalam kehidupan nyata ". Konten di situs dapat dilihat secara langsung atau melalui video sesuai permintaan .

Bigo Live [ sunting ]

Bigo Live adalah platform live streaming yang dimiliki oleh BIGO Technology yang berbasis di Singapura , [13] [14] yang didirikan pada tahun 2014 oleh David Li dan Jason Hu. Pada 2019, Teknologi BIGO dimiliki oleh JOYY, sebuah perusahaan China yang terdaftar di NASDAQ . [15] [16] Seperti YouTube Live, pengguna dapat menonton streaming langsung yang trendi dan mengomentari siaran tersebut. Tidak seperti YouTube Live, pengguna di Bigo Live dapat memfilter penyiar dari negara tertentu di halaman jelajah.

Mantan [ sunting ]

Periskop [ sunting ]

Pada Maret 2015, Twitter meluncurkan aplikasi streaming langsung bernama Periscope . Biasanya, pengguna akan melihat hyperlink yang dilampirkan ke siaran mereka, mengarahkan orang ke tab baru. Menggunakan Periscope, video muncul langsung di timeline. Jika pengguna telah mengizinkan situs untuk berbagi informasi, orang lain dapat melihat dari mana pengguna melakukan streaming. Selama siaran, pengguna dapat berkomentar, berbicara dengan penyiar, atau mengajukan pertanyaan. [17] Kayvon Beykpour, CEO Periscope, dan Dick Costolo dan Jack Dorsey , CEO Twitter, semuanya memiliki tujuan yang sama—untuk menemukan sesuatu yang akan menggabungkan kedua tim menjadi satu, bukan sebagai mitra. [18]Itu dihentikan pada Maret 2021 karena penurunan penggunaan, penataan kembali produk, dan biaya perawatan yang tinggi. [19] [20]

Pengaduk [ sunting ]

Microsoft memasuki kancah streaming langsung saat mengakuisisi Beam, perusahaan yang berbasis di Seattle, pada Agustus 2016. [21] Sekitar setahun setelah mengakuisisi perusahaan, layanan ini berganti nama menjadi Mixer pada Mei 2017. [22]  Platform ini adalah yang pertama membawa banyak fitur ke streaming langsung seperti gameplay interaktif, di mana penonton dapat memengaruhi gameplay, dan co-streaming, di mana penonton dapat menonton beberapa sudut pandang rekan satu tim dalam game yang sama. Seperti Berkedut, penonton di Mixer dapat membayar untuk berlangganan streamer setiap bulan. Pemirsa juga dapat membeli "Bara", yang merupakan mata uang elektronik yang digunakan oleh situs tersebut, dan juga dapat menyumbangkannya ke streamer. Sementara Twitch tetap menjadi perusahaan terbesar dalam bisnis ini, Mixer berusaha meningkatkan sahamnya dengan menandatangani beberapa streamer besar untuk kesepakatan eksklusif Mixer. Penandatanganan ini termasuk Tyler "Ninja" Blevins pada Agustus 2019, Michael "Shroud" Grzesiek pada Oktober 2019, dan Cory "King Gothalion" Michael juga pada Oktober 2019. [23] Mixer mengumumkan akan menutup layanan streaming pada 22 Juli , 2020. Dalam pengumumannya, perusahaan induk Mixer, Microsoft, mengumumkan kemitraan dengan Facebook gaming, dan mengarahkan pengguna saat ini ke platform baru. [24]

Permainan video [ sunting ]

Bermain video game secara langsung mendapatkan popularitas selama tahun 2010-an. David M. Ewalt menyebut Twitch sebagai " ESPN video game". [25] Situs web ini muncul dari dan berkembang hingga menaungi Justin.tv, dan dibeli oleh Amazon.com pada akhir tahun 2014 seharga US$970 juta. [26] Sebagai salah satu platform streaming langsung terkemuka, Twitch kini memiliki jutaan penyiar dan memiliki hampir dua ratus juta pemirsa. [27] Situs web streaming berorientasi video game lainnya termasuk Smashcast.tv , yang dibentuk setelah penggabungan Azubu dan Hitbox.tv , dan afreecaTV yang berbasis di Korea Selatan. Pada tahun 2015, YouTube meluncurkan YouTube Gaming—subsitus dan aplikasi berorientasi permainan video yang dimaksudkan untuk bersaing dengan Twitch. [28]

Contoh acara streaming langsung yang terkenal adalah Games Done Quick , maraton lari cepat amal yang diselenggarakan di Twitch. Pemirsa didorong untuk menyumbang untuk insentif selama streaming seperti memberi nama karakter dalam lari, membuat pelari mencoba tantangan yang lebih sulit, atau memenangkan hadiah. [29] Lebih dari $10 juta telah dikumpulkan dalam enam belas maraton. [30]

Streamer profesional dapat menghasilkan pendapatan yang layak huni dari langganan dan donasi penonton , serta iklan platform dan sponsor dari organisasi eSports , seringkali menghasilkan lebih banyak dari streaming daripada dari kemenangan turnamen. [31] Penonton turnamen game profesional terutama adalah penonton streaming langsung selain penonton langsung di dalam venue. The International 2017 , turnamen Dota 2 dengan kumpulan hadiah terbesar dalam sejarah eSport, terutama disiarkan melalui Twitch, dengan puncak lebih dari lima juta pemirsa bersamaan. [32]

Metrik [ sunting ]

Dengan streaming langsung menjadi pasar yang layak secara finansial, terutama untuk esports, streamer dan organisasi yang mewakili mereka telah mencari metrik untuk menghitung jumlah penonton streaming agar dapat menentukan harga untuk pengiklan. Metrik seperti jumlah maksimum penonton serentak, atau jumlah pelanggan tidak memperhitungkan berapa lama penonton dapat bertahan untuk menonton streaming. [33] Metrik yang paling umum adalah "Average Minute Audience" (AMA), yang diperoleh dengan mengambil total menit yang ditonton oleh semua penonton di streaming selama acara streaming dan selama 24 jam setelahnya, dibagi dengan jumlah menit yang disiarkan. AMA sebanding dengan metrik yang sama dengan peringkat Nielsenuntuk melacak penayangan. Hal ini juga memungkinkan untuk menggabungkan rute siaran dan streaming standar untuk acara yang disiarkan secara bersamaan pada kedua bentuk pengiriman untuk memperkirakan ukuran total penonton [34] Acara besar dengan AMA yang dilaporkan termasuk streaming pertandingan National Football League ; misalnya, rata-rata AMA untuk game NFL pada tahun 2018 berkisar antara 240.000 hingga 500.000 di seluruh layanan streaming, [35] [36] dengan Super Bowl LIV berikutnya yang memiliki AMA sebesar 2,6 juta. [37] Sebagai perbandingan, esports Overwatch League memiliki rata-rata 313.000 menit rata-rata penonton selama pertandingan musim reguler di musim 2019. [38]

Risiko dalam streaming [ sunting ]

Banyak contoh kejahatan serius seperti pemerkosaan dan penyerangan , serta bunuh diri , telah disiarkan secara langsung, menyisakan sedikit waktu bagi administrator untuk menghapus konten yang melanggar. Kejahatan yang disiarkan langsung menjadi tren di pertengahan 2010-an dengan insiden yang dilaporkan secara luas seperti penyerangan dan bunuh diri yang disiarkan melalui Periscope pada 2016 [39] dan penculikan seorang pria di Chicago disiarkan melalui Facebook Live pada 2017. [40] Penembakan massal di Jacksonville , Florida , yang mengakibatkan kematian dua orang selain penembak, terjadi selama turnamen Madden NFL 19 . [41] Bagian dariPenembakan masjid Christchurch disiarkan di Facebook Live oleh pelaku selama 17 menit. [42]

Selain itu, streaming langsung ke banyak penonton membawa risiko bahwa penonton dapat melakukan kejahatan baik dari jarak jauh maupun secara langsung. Salah satu pendiri Twitch, Justin Kan, sering menjadi sasaran pukulan . Sebuah insiden terjadi pada April 2017 di Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor ketika seorang penonton menyerukan ancaman bom dan menyebut streamer Ice Poseidon sebagai pelakunya, menutup bandara untuk sementara. [43] Mereka mungkin juga menjadi korban penguntitan seperti selebriti lainnya; misalnya, seorang remaja muncul tanpa diundang ke rumah streamer dan meminta untuk tinggal bersamanya setelah menabung untuk penerbangan lintas benua satu arah. [44]Streamer Amerika yang berbasis di Taiwan menjadi korban kampanye pelecehan doxing dan target oleh streamer Taiwan, yang dikoordinasikan melalui grup Facebook pribadi dengan 17.000 anggota "yang kegiatannya melibatkan pelacakan keberadaan [nya]," ancaman pembunuhan dan "pendistribusian orang tuanya ' nomor telepon dan alamat AS". Twitch merespons dengan menangguhkan sementara streamer yang dilecehkan. [45]

Riset [ sunting ]

Streaming konten langsung telah menjadi topik dari banyak makalah yang meneliti cara menumbuhkan komunitas online melalui interaksi langsung dan meningkatkan jumlah kehadiran dengan konten yang menarik. [46] Platform streaming langsung Twitch adalah fokus umum di antara penelitian yang mencoba mentransfer kesuksesan keterlibatan penggunanya ke aplikasi lain seperti meningkatkan partisipasi siswa dan pembelajaran dalam kursus online terbuka besar atau massive open online course (MOOC).



sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Livestreaming

 

Ad Placement